Ini Dia Perkembangan Mobil Listrik Juara Dunia Karya Anak Bangsa

Mobil karya Mahasiswa UPI yang berhasil mendapatkan juara pertama kontes mobil hemat energi 'Shell Eco Marathon Driver's World Championship' di London

296

Bandung (PakarOtomotif) – Mobil listrik karya mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ‘Turangga Chetta’ pada tahun 2016 berhasil menggegerkan dunia, karena mampu mengalahkan mobil buatan negara-negara maju dalam kontes perdana mobil hemat energi ‘Shell Eco Marathon Driver’s World Championship’ di London.

Atas prestasi tersebut Shell memberikan hadiah yang sangat langka, yaitu memberikan kesempatan tim pengembang Turangga Chetta untuk berkunjung ke markas besar Scuderia Ferrari di Modena, Italia.

Mereka disana belajar selama sepekan dan melihat teknologi yang digunakan Ferrari dalam memproduksi mobil berteknologi tinggi.

Atas pengalaman tersebut, Turangga Chetta edisi ke-6 hampir 90% mengalami perubahan.

Kendaraan tipe citycar mereka menggunakan carbon fibre yang lebih tipis, namun lebih kuat karena didukung bentuk body kendaraan yang lebih aerodinamis. Riset tersebut atas hasil kerjasama tim dengan pihak Justus Kimia Raya.

Dengan berdaya motor listrik 1KW, Turangga Chetta mampu berlari 30-60 km/jam, dengan jarak tempuh 100 km/kWh.

Inovasi lainnya, sistem rem Turangga Chetta memiliki teknologi zero friction ketika rem tidak digunakan, namun memiliki pengereman yang optimal ketika digunakan.

Sistem electrical menggunakan kontroler motor listrik yang dapat diatur diruang kemudi dan teknologi baterai super capacitor dengan fast charging.

Berkenaan dana riset, Manajer tim, Muhammad Isnaini mengatakan, bahwa dukungan 70% dikeluarkan oleh rektorat Universitas Pendidikan Indonesia dan 30% dari Departemen Pendidikan Teknik Mesin dan Fakultas Pendidikan Teknologi Kejuruan

Turangga Chetta tahun ini kembali mengikuti ajang Shell Eco Marathon Asia 2018 di Singapura, 17/03/2018. Kendaraan mereka akan kembali berlomba sekaligus melakukan uji coba hasil riset terbaru.

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More