Korek 2-tak: Manfaat kruk as dibuat gigi helical terhadap performa engine

836

Bandung ( PakarOtomotif ). Kruk As atau poros engkol dalam engine fungsinya sebagai pengubah gerak translasi piston menjadi gerak putar, namun itu teori kuno.

Dulu kruk as dalam engine 2-tak hanya memiliki permukaan halus saja dan sedikit balancing agar dapat mengubah gerak translasi dengan baik.

Rupanya desain kruk as masih bisa dimodifikasi agar memberikan banyak manfaat terhadap performa engine.

Dalam perkembangannya Kruk As dibuat memiliki banyak fungsi agar performa engine meningkat. Sekarang yang sedang tren dikalangan tunner engine 2-tak adalah membuat kruk as dengan permukaan bergigi helical.

Untuk mengetahui manfaatnya perlu dilakukan uji coba secara empiris, PakOto melakukan percobaan dengan media air karena sifatnya mirip dengan udara.

Kruk as dimasukan kedalam air lalu diputarkan oleh motor, hasilnya kruk as dengan permukaan helical dapat membuat pusaran air lebih hebat dibanding dengan permukaan yang halus.

Bila digambarkan bentuk air seperti angin topan, bayangkan saja angin topan itu menyedot apapun disekitarnya.

Sama halnya dengna percobaan tadi, pusaran yang lebih kencang memberikan dampak daya sedot lebih baik dan dapat meningkatkan efisiensi volumetric.

keuntungannya lainnya, campuran bahan bakar/udara dapat tercampur dengan baik, yang secara teori kondisi itu dapat memberikan pembakaran yang lebih efisien.

Itu merupakan dasar teori enginer mendesain kruk as bergigi helical, percaya atau tidak percaya mari kita buktikan dengan dyno test, untuk hasilnya tunggu di artikel selanjutnya ya hehe

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More