Mengungkap batas kesaktian rumus torsi

175

Bandung ( PakarOtomotif ) – Apa itu Torsi (torque)? bisa disebut juga gaya putar ( turning force ), dalam rumus dijabarkan Torsi = Gaya (F) x Panjang Lengan (R).

Ketika kita mengencangkan sebuah baut menggunakan kunci lengan panjang, lalu bandingkan dengan kunci yang memiliki lengan pendek.

Pasti lebih ringan menggunakan kunci dengan lengan panjang, maka terbuktilah rumus tersebut. Bila ditelisik lebih jauh torsi termasuk rumus sakti dalam bidang teknik, toh sampai sekarang banyak digunakan untuk para pakar teknolog merancang suatu alat canggih.

Kesaktiannya dari jaman Fir’aun sampai zaman now bagaikan bumbu dasar merancang sebuah kendaraan.

Sebagian besar dari kendaraan dirancang dengan landasan teori torsi, seperti poros engkol, gearbox, steering, daya engine, dan ilmu material.

Pokoknya untuk meringankan suatu gerakan mekanikal hampir semuanya memanfaatkan rumus torsi, kecuali meringankan beban kasih yang tak sampai kesaktiannya belum mampu mencapai tingkat itu.

Pesawat luar angkasa yang mengorbit semesta pun tak luput dari kesaktian torsi loh sob. Memang sesuatu yang besar kebanyakan dimulai dari hal sederhana, seperti cinta kita yang bila di sibak lebih panorama dapat mengguncang dunia.

#efekpenulisjatuhcinta

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More